Selasa, 04 Desember 2018

Perkembangan Teknologi dan Tips & Trik


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ZAMAN SEKARANG



Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi (menurut Rogers,1986). Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu.
Berikut beberapa contoh perkembangan teknologi informasi di beberapa bidang :
1.            Dalam Bidang Pendidikan
·        Buku Elektronik
Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehinga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvesional.

·        E-learning
Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi.

2.            Dalam Bidang Ekonomi
·        E-Bangking
E-Banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-bangking meliputi system yang memungkinkan nasabah bank, baik individu maupun bisnis untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, ataupun mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet.

·        E-Commerce
Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi atau jaringan komputer lainnya. E-dagang juga dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengmpulan data otomatis.

Tips dan Trik Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif

1.     Gunakanlah untuk hal positif

Cara menggunakan teknologi masa kini yang pertama adalah gunakanlah teknologi untuk hal-hal positif baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun komunikasi. Hendaknya kurangi penggunaan teknologi untuk hal-hal yang berbau negatif seperti untuk mencela orang lain lewat sosial media atau untuk kejahatan. Jika Anda menyadari cara menggunakan teknologi untuk hal positif maka sudah bisa dipastikan akan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan serta beragam kemudahan yang ditawarkan.

2.     Gunakan pada waktu dan tempat yang tepat

Dengan semakin canggihnya teknologi yang sekarang ini sedang berkembang, maka buka berarti Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan Anda dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pada saat sedang bekerja, gunakanlah teknologi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Hindari penggunaan teknologi untuk hal-hal yang tidak berkaitan karena akan membuat pekerjaan Anda menjadi terbengkalai. Adanya teknologi, bukan berarti Anda menutup diri dengan orang-orang di sekitar Anda, justru berupayalah untuk bisa menempatkan diri agar teknologi tidak membuat Anda jauh dari lingkungan sekitar.

3.     Gunakan sesuai kebutuhan

Kecanggihan teknologi memang sudah selayaknya dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi sebaiknya cara menggunakan teknologi masa kini, Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya jangan menggunakan peralatan berteknologi canggih agar tidak sia-sia begitu saja.

4.     Meminimalisir dampak pada tubuh

Tak dapat dipungkiri, dengan semakin berkembangnya teknologi maka berbagai peralatan canggih pun ditawarkan. Akan tetapi Anda perlu waspada dan memperhatikan cara menggunakan teknologi yang benar. Batasilah penggunaan peralatan berteknologi agar tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda. Seperti halnya ponsel canggih yang kini banyak ditawarkan, ternyata memiliki radiasi yang sangat berbahaya bagi otak apabila diletakkan didekat kepala ketika tidur. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan cara menggunakan teknologi secara benar agar tak berbahaya bagi kesehatan.


 Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fasilitas di UMM

RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Rs umm dibangun pada tahun 2009. Rs umm mendapatkan izin mendirikan rumah sakit dari...